Connect with us

Jambi

Wokshop Investigative Journalism AJI Kota Jambi dan US Embassy, Perkaya Kemampuan Jurnalis

Published

on

Workshop Investigative Journalism kerja sama AJI Kota Jambi dan US Embassy

KILAS JAMBI – AJI Kota Jambi bekerjasama dengan US Embassy menggelar workshop Investigative Journalism, kegiatan yang berlangsung dua hari ini digelar pada Senin (9/12/2019) hingga Selasa siang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 17 orang jurnalis yang ada di Kota Jambi dari berbagai latar belakang media. online, media cetak dan televisi.

Selama kegiatan berlangsung Lucinda Fleeson, Trainer Investigative Reporting dari Nevada, USA, ini berbagi ilmu dan pengalamannya selama menjadi jurnalis investigasi di negara asalnya.

Ia juga menyampaikan bahwa investigasi dalam profesi Jurnalis harus dilakukan sebagai fungsi kontrol. Ia bercerita tentang pengalamannya melakukan investigasi saat masih aktif meliput dan mengolah berita.

Lucinda berpendapat bahwa dari pengalamannya menerapkan program investigasi saat bekerja di salah satu kantor berita di Nevada selain mejalankan fungsi kontrol sebagai jurnalis, berita hasil investigai juga efektif meningkatkan pembaca pada media tempatnya bekerja.

Sebagai Jurnalis Senior di USA, Lucinda sendiri saat ini aktif sebagai trainer investigasi yang sudah berkeliling ke 26 negara untuk memberikan trainer Investigative Journalism.

Brett Walkley dari US Embassy yang berkantor di Jakarta dalam kesempatan itu menyampaikan rasa senangnya karena bisa bekerjasama dengan AJI Kota Jambi, untuk menyelenggatakan kegiatan pelatihan Jurnalis.

Ada banyak program yang dicanangkan oleh US Embassy setiap tahunnya. Salah satunya adalah pelatihan jurnalis. Baik itu penulisan tentang budaya pendidikan untuk jurnalis hingga kunjungan ke Amerika masuk dalam programnya.

“Kebetulan tahun ini kita mengadakan pelatihan jurnalis investigasi, kami menghadirkan Lucinda. Dan indonesia negara yang ke-27 yang dikunjungi Lucinda untuk memberikan pelatihan, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat,” katanya saat memulai kegiatan.

Ia ada banyak program yang diadakan oleh US Embassy, bukan hanya di bidang jurnalis. Bahkan di bidang kebudayaan dan pendidikan juga ada. Ia pun berharap ke depan Jurnalis dari Jambi bisa berkesempatan untuk mengikuti berbagai program US Embassy di Amerika.

M Ramond EPU, ketua AJI Kota Jambi di saat membuka Workshop menyampaikan bahwa kegiatan Investigative Journalism yang digelar AJI Kota Jambi bersama US Embassy dapat meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menjalankan profesinya.

“Kami berharap agar kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan peserta terutama untuk memperkaya kemampuan sebagai Jurnalis dalam menjalankan profesi ini,” kata Ramond. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *