Connect with us

Tak Berkategori

Warga Dusun Sungai Telang Kini Bisa Menikmati WiFi

Published

on

Warga Sungau Telang menikmati jaringan wifi. (foto/Salman)

SUNGAI TELANG, Kilasjambi.com– Setelah puluhan tahun tidak bisa mengakses internet, kini masyarakat Dusun Sungai Telang bisa mengakses internet melalui Wifi. Sebanyak 19 titik Wifi yang dikelola pemilik “Ncu Net” dan “Lehoy Wifi” bisa diakses warga desa tersebut pada 2022 ini.

Masyarakat Dusun Sungai Telang di Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi itu sejak dulu tidak bisa mengakses internet. Masuknya akses internet dimulai pada 2020 dengan hadirnya satu titik jaringan Wifi “Ncu Net” milik Hairul Saleh.

Kini pada 2022 ada 19 titik Wifi yang tersebar di Dusun (setingkat desa) Sungai Telang, yaitu Wifi “Ncu Net” dan “Lehoy Wifi”.

Hairul Saleh mengatakan, layanan internet “Ncu Net” yang dikelolanya ada di lima titik yang terletak di beberapa kampung, yaitu di Kampung Sungai Telang tiga titik, Kampung Baru satu titik, dan Kampung Marigeh satu titik

Sedangkan Alhamdi, pemilik “Lehoy Net” mengatakan wifi yang dikelolanya ada di 14 titik yang tersebar di kampung-kampung yang ada di Dusun Sungai Telang.

“Lima titik di Kampung Sungai Telang, tiga titik di Kampung Baru, dua titik di Kampung Marigeh, dua titik di Kampung Trans SP 1, dan dua titik di Kampung Trans SP ll,” katanya di rumahnya di Kampung Sungai Telang, Senin, 5 September 2022.

Alhamdi mengatakan untuk kecepatan koneksi internet yang dikelolanya sekarang adalah 80 Mbps dan paling kencang 150 Mbps.

“Besar kemungkinan titik-titik WiFi akan ditambah dari yang sudah ada,” ujarnya.

Sebab, tambah Alhamdi, mengingat wilayah Dusun Sungai Telang memiliki luas 14.741 ha dengan jumlah penduduk 1,903 jiwa yang kebutuhan internetnya jauh lebih banyak.

Warga Sungai Telang Eko Alkausart, 28 tahun, mengatakan dengan adanya akses internet hampir semua masyarakat terbantu. Sebab masyarakat menjadi mudah berkomunikasi.

“Sebelumnya orang tua yang anaknya sekolah di luar daerah untuk menelepon perlu ke pusat kecamatan di Muara Buat, belum lagi keperluan lainnya seperti mengisi token listrik, mentransfer uang, dan zoom meeting bagi mahasiswa,” katanya.

Keunggulan lain dari adanya akses Internet ini, kata Eko, bagi warga Dusun Sungai Telang mengetahui berita-berita terkini. Juga hampir semua warga Sungai Telang, umumnya anak muda, memiliki akun media sosial.

“Sayang sedikit, sinyalnya kurang kuat, apalagi untuk bermain game,” ujarnya.

Penulis: Salman

(Salman dari Bujang Raba, Provinsi Jambi adalah peserta Pelatihan Jurnalisme Warga “Muda Melangkah” WRI Indonesia di Bukittinggi, 2022).

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *