Kekerasan dan Teror adalah Taktik Basi

Victor Mambor (kiri) saat melihat bekas residu bom rakitan yang masih membekas di dekat rumahnya, foto: AJI Papua

KILAS JAMBI – Aksi teror kembali dialami Victor Mambor, jurnalis senior Papua dan Pengurus Majelis Pertimbangan Organisasi AJI Indonesia, pada dini hari tanggal 23 Januari 2023. Sebuah bom rakitan diledakkan sekitar tiga meter dari kediamannya di Kota Jayapura, Papua.

Intimidasi dan tindak kekerasan ini bukanlah teror pertama yang dialami Victor. Dua tahun lalu, pada 21 April 2021, mobilnya dirusak orang tak dikenal dan dicorat-coret menggunakan cat pilox berwarna oranye. Sangat disayangkan bahwa penyelidikan polisi terhadap peristiwa ini tidak membuahkan hasil.

Yayasan Kurawal mengecam keras aksi teror dan intimidasi yang dilakukan terhadap Victor Mambor serta mendesak pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Yayasan Kurawal percaya bahwa kekerasan tersebut tidak dapat dipisahkan dari kerja jurnalistik Victor bersama Jubi untuk membawa lebih banyak suara-suara dari Papua. Di tengah dominasi informasi yang bias, sepihak, dan juga mendiskriminasi. Dengan demikian teror terhadap Victor adalah upaya telanjang untuk meredam kebebasan bersuara dan menyampaikan kritik di Papua.

Kami percaya bahwa intimidasi tersebut tak akan pernah bisa menggoyahkan dedikasi dan determinasi Victor untuk melanjutkan kerja-kerja jurnalismenya. Namun, kami juga sepenuhnya menyadari bahwa jika kasus tak diusut tuntas dan dalang di balik intimidasi tersebut tak diadili, keselamatan Victor akan selalu terancam, pun dengan kebebasan pers di Papua.

Pada akhirnya, kekerasan dan teror adalah taktik basi untuk mematahkan upaya menyuarakan kebenaran. Intimidasi tidak akan pernah bisa melumpuhkan pena yang mewartakan ketidakadilan dan penindasan di Papua.
Kami bersama Victor Mambor.
***
Tentang Yayasan Kurawal
Yayasan Kurawal bekerja untuk memperkuat praktik, lembaga, dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Kurawal mendorong persemaian ide baru dan eksperimentasi bagi terwujudnya tatanan demokrasi yang bermartabat dan bermaslahat bagi warga negara. Informasi lebih lanjut dapat dijumpai dalam situs web kami: https://www.kurawalfoundation.org/

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts