Connect with us

Budaya

Tingkatkan Peran Pengelolaan Hutan Desa, 36 Pemuda Sungai Telang Ikuti Kemah Pemuda  

Published

on

Pemuda Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi mengikuti acara Kemah Pemuda. (Kilasjambi.com/Misrayanti)

SUNGAI TELANG, Kilasjambi.com – Sebanyak 36 pemuda Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi mengikuti acara Kemah Pemuda untuk meningkatkan peran mereka dalam pengelolaan Hutan Desa.

Acara Kemah Pemuda bersama perangkat Pamerintahan Dusun Sungai Telang itu diadakan di Batang Kelumbuk, kawasan Hutan Desa Gunung Puhong, Dusun Sungai Telang selama dua hari, Jumat-Sabtu, 9-10 September 2022.

Peserta 24 laki-laki dan 12 perempuan itu berasal dari berbagai latar belakang. Ada pelajar, mahasiswa, dan juga pemuda yang sudah bekerja.

Penanggung jawab acara yang juga fasilitator dari KKI Warsi di Dusun Sungai Telang, Famila Juniarti mengatakan acara Kemah Pemuda adalah rangkaian kegiatan Sekolah Pemuda yang digagas KKI Warsi bersama pemuda Dusun Sungai Telang.

Tujuan kegiatan tersebut, kata Famila, adalah mewujudkan kesadaran kritis dan peran serta pemuda dalam pengelolaan hutan dan sumber daya alam yang berkelanjutan di Hutan Desa Gunung Puhong.

Kegiatan perkemahan selama dua hari itu diguyur hujan, namun acara tetap berjalan lancar.

“Hujan sama sekali tidak menghalangi agenda pemuda menjelajah hutan untuk mengindentifikasi potensi wisata dalam kawasan Hutan Desa Gunung Puhong,” kata Famila, gadis Kalimantan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

Kepala Seksi Pemerintahan Dusun Sungai Telang Ahmad Yuzar mengatakan melalui ruang diskusi aktif di Kemah Pemuda tersebut, Pemerintahan Dusun Sungai Telang telah menemukan masalah yang sedang dihadapi Dusun Sungai Telang yang berkaitan dengan peran pemuda dalam pengelolaan Hutan Desa dan mencari solusinya bersama para pemuda.

“Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pemuda dan kawan-kawan KKI Warsi yang selama dua hari bersemangat menuangkan pikiran mencari solusi tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Dusun Sungai Telang,” katanya

Ketua Pemuda Dusun Sungai Telang Alfirqon menaruh harapan yang banyak untuk Dusun Sungai Telang.

“Dengan adanya kegiatan Sekolah Pemuda bersama Warsi ini banyak anak muda yang mulai sadar bahwa pemuda punya peran penting dalam pengelolaan hutan dan semoga ke depan pola pikir anak muda lebih terbuka untuk pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan,” ujarnya.

Dusun Sungai Telang memiliki Hutan Desa Gunung Puhong. Perhutanan sosial tersebut mendapat izin Kelola dari Menteri Kehutanan berdasarkan Surat Keputusan No.301/Menhut-II/2012 seluas 1.000 hektare. (*)
Penulis: Misrayanti

(Misrayanti dari Dusun Sungai Telang, Kabupaten Bungo, Jambi adalah adalah Peserta Pelatihan Jurnalisme Warga “Muda Melangkah” WRI-Indonesia di Bukittinggi, akhir Agustus 2022)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *