Connect with us

Jambi

Kopi Kelumbuk Kejar Target Label Halal

Published

on

Produk Kopi Kelumbuk. (Foto: Misrayanti)

SUNGAI TELANG, Kilasjambi.com – Kopi Robusta salah satu Hasil Hutan Bukan Kayu yang dikelola Kelompok Usaha Perhutanan Sosial Lembaga Pengelola Hutan Desa Gunung Puhong di Dusun Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Jambi.

Ketua KUPS Kopi Antoni mengatakan pengembangan usaha komoditas kopi di Sungai Telang semakin menggembirakan. Produk kopi yang dikelola dengan brand Kopi Kelumbuk saat ini sedang dalam proses pengurusan label Halal, supaya lebih leluasa dipasarkan ke minimarket.

“Dinas Perindagkop Kabupaten Bungo juga sangat membatu dalam proses mendapatkan label halal. Insya Allah minggu ini sudah selesai,” katanya Kamis (22/9/2022).

Beberapa kantor dinas di Kabupaten Bungo, kata Antoni, juga sudah memesan Kopi Kelumbuk. Di antaranya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usah Kecil dan Menengah (Disperindagkop), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Kantor Kesatuan Pengelola Hutan Produksi Bungo. Beberapa cafe di Bungo dan Jambi juga mengajak untuk bekerja sama.

“Saya lupa nama kafe-nya, Aby selaku owner kafe di Jambi beberapa waktu lalu sudah pesan 6 kilogram, Aby juga mengatakan kerja sama ini akan berkelanjutan,” katanya.

Berkat memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media maketing, banyak mahasiswa yang juga tertarik untuk mencoba cita rasa Kopi Kelumbuk hingga ada beberapa yang sudah memesan secara online. Beberapa dari pecinta kopi juga sudah ada yang datang langsung ke rumah produksi.

“Saat ini kita optimis sekali dengan produk Kopi Kelumbuk, setelah mengikuti pelatihan kopi yang difasilitasi oleh KKI Warsi pada 31 Agustus 2022,” katanya.

Ia menjelaskan materi pelatihannya sangat lengkap. Mulai dari teknik pemilihan kopi yang bisa dipanen hingga pasca panen, menjemur agar menghasil kualitas terbaik, cara meroasting hingga teknik pemasaran.

“Kami selaku anak muda tentu ingin memajukan Dusun Sungai Telang, salah satunya dengan ikut berperan mengembangkan potensi yang ada seperti Kopi Kelumbuk yang saat ini sudah menjadi ikon Dusun Sungai Telang,” katanya.

Penulis: Misriyanti

*(Misrayanti dari Dusun Sungai Telang, Kabupaten Bungo, Jambi adalah adalah Peserta Pelatihan Jurnalisme Warga “Muda Melangkah” WRI-Indonesia di Bukittinggi, akhir Agustus 2022)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *