Taklimat Akhir Tahun Kantor Bahasa Provinsi Jambi

Taklimat Capaian Kinerja Tahun 2002 yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Jambi, foto: Nukman

KILAS JAMBI – Bertempat di Hotel Grand Jambi, pada tanggal 28 Desember 2022, Kantor Bahasa  Provinsi Jambi mengadakan Taklimat Capaian Kinerja Tahun 2002, taklimat ini dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri dari utusan LAM Provinsi Jambi, Jurnalis, Seniman, Dosen, Guru dan staf kantor Bahasa Provinsi Jambi.

Kantor yang sudih berdiri selama 19 tahun ini telah merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang berhubungan dengan kebahasaan dan kesastraan, baik bahasa dan sastra Indonesia maupun bahasa dan sastra daerah. Pola pelaksanaan dan pencapaian kegiatan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Sukardi Gau, menyampaikan bahwa program prioritas yang tertuang dalam Indikator Kinerja Kegiatan (IKK). Sesuai dengan arahan dan kebijakan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), pelaksanaan kegiatan di setiap satker diampu oleh Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP). Sehubungan dengan itu, Kantor Bahasa Provinsi Jambi, sebagai UPT Badan Bahasa, memiliki tujuh KKLP, yakni KKLP Perkamusan dan Peristilahan, Pembinaan dan Bahasa Hukum, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Literasi, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Penerjemahan, dan Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra. Pada tahun ini, kami telah berhasil merealisasikan target kinerja yang ditetapkan dalam Perjanjian Kinerja (PK) yang disusun dalam bentuk capaian Kantor Bahasa Provinsi Jambi, capaian kinerja KKLP sebagai berikut:

KKLP Perkamusan dan Peristilahan
Sebanyak 1.000 kosakata bahasa Melayu Jambi yang terdapat di Kabupaten Merangin berhasil diinventarisasi dan diusulkan KKLP Perkamusan dan Peristilahan ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pencapaian ini direalisasikan melalui kegiatan Inventarisasi, Lokakarya, Sidang Komisi, dan Pengusulan ke KBBI. KKLP Perkamusan dan Peristilahan pada tahun ini juga berhasil menerbitkan satu kamus dwibahasa, yakni Kamus Indonesia-Kerinci Dialek Siulak. Kamus ini memuat 3.015 entri, melebihi target 1.000 entri yang ditetapkan.

KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum
Melalui program Lembaga Terfasilitasi Layanan Profesional Kebahasaan, KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum berhasil melakukan pembinaan terhadap 47 lembaga dalam pengutamaan bahasa negara di ruang publik dan dalam dokumen lembaga. Capaian 47 lembaga ini melebihi jumlah 45 lembaga yang ditargetkan. Selanjutnya, melalui program Penutur Bahasa Terbina, KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum berhasil melampaui target 278 orang, yakni mencapai 350 orang. Capaian ini diperoleh melalui kegiatan Bengkel Sastra, Festival Musikalisasi Puisi, dan Webinar Apresiasi Sastra. Selain itu ada kegiatan Penyuluhan Kemahiran Berbahasa bagi Guru yang dilakukan secara daring dengan jumlah 150 orang.

KKLP UKBI
Target utama KKLP UKBI adalah penutur bahasa teruji yang direalisasikan melalui kegiatan Sosialisasi dan Pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka. Dari 200 orang penutur bahasa teruji yang ditargetkan, KKLP UKBI berhasil mencapai 580 orang penutur bahasa teruji kategori pelajar. Di samping target PK, KKLP UKBI juga mendukung target peuji Badan Bahasa, dengan capaian 2.359 peuji pelajar dan 155 peuji PNBP.

KKLP Literasi
Melalui KKLP Literasi, Kantor Bahasa Provinsi Jambi berhasil membina dan memberdayakan komunitas literasi serta membina literasi generasi muda di Provinsi Jambi. Melalui kegiatan Profil Komunitas Penggerak Literasi, KKLP Literasi berhasil mendata 31 komunitas literasi, melebihi jumlah 20 komunitas literasi yang ditargetkan. Melalui kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi, KKLP Literasi berhasil melampaui 50 orang yang ditargetkan, yakni mencapai 141 Buorang. Dalam hal meningkatkan literasi generasi muda Provinsi Jambi, KKLP Literasi merealisasikannya melalui kegiatan Pembinaan Literasi Generasi Muda dengan target 295 orang dan capaian 487 orang. Selain itu, melalui kegiatan Krida Penulis Muda, KKLP Literasi memublikasikan 149 naskah yang ditulis 54 penulis muda di harian Jambi Ekspres.

Inovasi yang dilakukan Kantor Bahasa Provinsi Jambi melalui KKLP Literasi adalah melaksanakan kegiatan Gelar Wicara dan Pameran Kebahasaan dan Kesastraan di Mal Jamtos yang dikunjungi oleh 1.087 pengunjung. Selanjutnya, produk buku yang diterbitkan KKLP Literasi berjumlah tujuh judul yang memuat karya penulis muda Provinsi Jambi.

KKLP BIPA
Tahun 2022 Kantor Bahasa Provinsi Jambi melalui KKLP BIPA telah memfasilitasi enam lembaga penyelenggara BIPA melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Program BIPA dan Forum Ilmiah bagi Lembaga Penyelenggara Program BIPA. KKLP BIPA juga berhasil memfasilitasi terbentuknya Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Provinsi Jambi.

KKLP Penerjemahan
Produk penerjemahan yang dihasilkan KKLP Penerjemahan direalisasikan melalui kegiatan Sayembara Penulisan dan Penerjemahan Cerita Anak dari Bahasa Daerah ke Bahasa Indonesia. Dari Sayembara didapatkan 18 naskah yang memenuhi kriteria penilaian. Namun, bisa dicetak untuk 3 naskah berupa buku cerita anak dwibahasa. Selanjutnya, sebagai bagian dari pelayanan prima, KKLP Penerjemahan juga melayani penjurubahasaan dan penerjemahan naskah kuno. Capaian layanan penjurubahasaan KKLP Penerjemahan tahun 2022 adalah menjadi juru bahasa Bupati Tanjungjabung Timur di Konferensi Internasional Jenewa, sedangkan capaian penerjemahan naskah kuno adalah menerjemahkan naskah kuno tentang khotbah berbahasa Arab ke bahasa Indonesia.

KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra
Selama tahun 2022, KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra berhasil melaksanakan Revitalisasi Sastra Lisan Dinggung dari Desa Rantau Pandan, Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo. Capaian kegiatan revitalisasi ini adalah 4 video dokumentasi, 43 siswa dan mahasiswa menjadi penutur muda, 12 pelaku sastra terlibat dalam pelatihan, 64 orang terlibat dalam pementasan, dan 416 orang terlibat dalam webinar Sastra Lisan Dinggung.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts