Connect with us

Jambi

Melintas Siang Malam, Truk Batu Bara Picu Kemacetan

Published

on

Kemacetan arus lalu lintas di kawasan Mendalo, foto: Ilhamsyah/kilasjambi.com

Muaro Jambi, kilasjambi.com – Arus lalu lintas di kawasan Mendalo, Kecamatan Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, makin macet akibat kian padatnya kendaraan yang melintas, terutama truk angkutan batu bara.

Kemacetan ini membuat aktivitas warga terganggu, “Biasanya tidak semacet ini, tapi sekarang macet sekali,” kata Jodi, masyarakat setempat, Selasa 12 Oktober 2021.

Menurut Jodi, mobil batu bara yang tetap melintas di siang hari membuat kemacetan semakin parah, “Sekarang arah dari Mendalo Darat ke Simpang Rimbo sering terjadi kemacetan panjang,” kata Jodi.

Sejumlah pedagang mengaku juga cukup terganggu dengan macetnya arus lalu lintas di Mendalo. Afnan, salah satu pedagang kaki lima yang kerap mangkal di depan kampus Universitas Jambi mengatakan, melintasnya kendaraan mobil batu bara sebenarnya sudah ada sejak lama. Tapi biasanya hanya melintas di jam tertentu, seperti malam atau dini hari.

“Namun akhir-akhir ini mobil batu bara melintas seperti tanpa kendali, hampir setiap waktu ada saja mobil batu bara yang melintas,” kata Afnan.

“Tidak hanya satu atau dua mobil batu bara saja yang melintas, tetapi ada banyak dan mereka berjalan beriringan. Seperti komunitas truk yang sedang melakukan konvoi,” tambahnya.

Bukan hanya kemacetan arus lalu lintas yang membuat warga terganggu, asap hitam dari angkutan batu bara juga dirasa sangat menggangu oleh pengendara, terutama pengendara roda dua.

“Pandangan saya terganggu karena asap hitam dari mobil batu bara, dan baju saya menjadi bau asap,” keluh Amal, pengendara yang melintas di kawasan Mendalo. (*)

Penulis: Ilhamsyah*

*Mahasiswa PPL Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, UIN STS Jambi

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *