Connect with us

Inforial

Hubungkan Tiga Kabupaten, Jembatan Rantau Limau Manis Pangkas Jarak Tempuh Merangin-Jambi

Published

on

Gubernur Fachrori saat meninjau jembatan gantung di wilayah Tabir Merangin beberapa waktu lalu, foto: adi

KILAS JAMBI – Pembangunan Jembatan Rantau Limau Manis di Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, akan segera dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi.

Rencananya, Kamis (23/7) nanti, Gubernur Jambi, Fachrori Umar, akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan tersebut.

Jika sudah rampung dibangun, Jembatan Rantau Limau Manis dapat mempersingkat jarak tempuh dari Kabupaten Merangin ke Kota Jambi. Selain itu, jembatan ini juga tiga kabupten. Yakni Kabupaten Merangin, Bungo dan Tebo.

Jembatan Rantau Limau Manis akan dibangun sepanjang 90 meter dengan 2 benteng segmen, dimana benteng 1 dari rangka baja sepanjang 60 meter, dan benteng ke 2 dari pracetak sepanjang 30 meter, dengan jenis pondasi borfile menggunakan 2 abutment dan 1 pilar.

Gubernur Fachrori mengatakan, jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat sekaligus memberikan dampak ekonomi yang lebih besar dari sebelumnya. Dimana sebelumnya hanya ada jembatan gantung yang hanya bisa dilewati pejalan kaki atau kendaraan roda dua, sehingga kemampuannya sangat terbatas.

Ditambahkan Fachrori, dengan adanya jembatan konvensional yang dapat dilalui kendaraan roda empat ini. Diharapkan akan lebih banyak komoditas pertanian dan perkebunan yang diangkut, sehingga secara perlahan ada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat di Kecamatan Tabir Ilir dan sekitarnya.

“Pembangunan jembatan ini juga diharapkan dapat menjadi pemicu pertumbuhan wilayah, dimana akan terhubung 3 wilayah Kabupaten yakni Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tebo,” kata Fachrori, Selasa (21/7).

Ia menyebut jika pembangunan jembatan ini adalah salah satu pemenuhan janji dirinya kepada masyarakat Rantau Limau Manis beberapa tahun yang lalu dan baru dapat direalisasikan tahun 2020 ini. (*)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *