Peringatan Hari Anak Sedunia: Krisis Iklim, Krisis Hak anak

Anak-anak yang berpartisipasi dalam perayaan Hari Anak Sedunia di Kota Paris yang berlangsung sejak tanggal 19-24 November 2022.

KILAS JAMBI – 20 November, diperingati Hari Anak Sedunia sebagai momentum untuk mempromosikan hak sipil, sosial, ekonomi dan budaya bagi anak-anak di seluruh dunia.

Tahun ini, Beranda Perempuan sebagai bagian dari Partnership Secour Populaire menghadiri perayaan Hari Anak Sedunia di Kota Paris yang berlangsung sejak tanggal 19-24 November 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Wali Kota Paris dengan mengangkat tema terkait iklim dan anak.

Pada kesempatan tersebut, Calya Prajanji Narareswari (13) dan Kansa Sahira (11) sebagai perwakilan dari Beranda Perempuan akan meyuarakan dan mengajak semua orang termasuk anak-anak, untuk bertanggung jawab terkait kerusakan lingkungan yang memicu terjadinya perubahan iklim.

Calya Prajanji Narareswari yang biasa dipanggil Nara menempuh pendidikan homeschooling dan menetap di Jakarta. Dalam forum tersebut, Nara akan menyampaikan hasil observasinya pada kondisi anak-anak yang hidup tidak layak karena lingkungan dan air yang kotor dan tercemar di Muara Angke, Pluit, Jakarta.

“Di Jakarta, saya bertemu dengan anak-anak yang hidup dengan sekolah dan fasilitas yang cukup, tapi sayangnya mereka hanya tahu perubahan iklim dari pelajaran sekolah tanpa tahu kenyataannya. Kondisi ini menyebabkan ketidakpedulian dan memisahkan anak-anak yang membutuhkan bantuan,” kata Calya.

Sementara itu, Kansa Sahira yang berasal dari Kota Jambi akan menyuarakan persoalan bencana asap kebakaran lahan dan hutan yang merampas kebebasan anak-anak untuk bermain dan pergi ke sekolah. Tahun 2015 silam, bencana asap kebakaran lahan dan hutan bahkan telah merenggut nyawa bayi dan anak-anak di Jambi.

“Ayo kita anak-anak Indonesia dan semua orang untuk bergandengan tangan ciptakan lingkungan dan udara yang bersih,” ungkap Kansa.

Total
13
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts