Connect with us

Jambi

Ngobrol Alumni KPI UIN STS Jambi: Menjawab Tantangan di Dunia Kerja

Published

on

Kegiatan webinar ngobrol alumni KPI UIN STS Jambi soal tantangan di dunia kerja, foto: Tabik Institute

KILAS JAMBI – Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, untuk keempat kalinya menggelar webinar tingkat nasional. Jika sebelumnya bertema “Inspiring Talk”. Kali ini, bertema NGOPI (Ngobrol Alumni KPI).

Webinar yang dilaksanakan dengan semi virtual pada Sabtu (03/07) ini mempunyai tujuan dalam konteks simbiosis mutualisme, dengan mengundang para alumni KPI. Yaitu Asmarita (Jurnalis Jambi Independen), Rivani Halim (Jurnalis Tribun Jambi), Vivi Susanti (Humas UIN STS Jambi), Gita Savana (Penyiar DRadio) dan Clifa Patria Marco (Jurnalis TVRI Jambi).

Kegiatan yang diikuti sekitar 125 perserta terdaftar dari berbagai daerah ini dipandu oleh Riska Amelia, Penyiar Radio Manggis.

Dalam sambutannya Ketua Prodi KPI UIN STS Jambi, Junaidi Habe mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Fakultas Dakwah yang sudah mensupport dan memberi apresiasi terhadap kegiatan ini.

Dikatakannya jika kegiatan bertujuan agar mahasiswa KPI bisa mengikuti jejak alumni yang sukses. Sekaligus untuk mendata alumni yang sukses dalam pekerjaan.

Tetapi menurutnya, yang lebih penting lagi adalah memberikan ruang kepada alumni untuk memberikan konstribusinya bagi kemajuan Perguruan Tinggi. Pentingnya peranan alumni bagi kemajuan pendidikan harus menjadi perhatian lembaga, karena besarnya lembaga berbanding lurus dengan kesuksesan alumninya di luar.

“Diharapkan kesuksesan mereka bisa ikut andil dalam pengembangan kampus, yang bisa para alumni promosikan kepada masyarakat luas,” kata Junaidi.

Sementara itu, Dr. Samin Batubara, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dalam sambutannya menyampaikan, bahwasanya seiring perjalanan waktu, Fakultas Dakwah terus melakukan perubahan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Fakultas Dakwah saat ini terdiri dari 4 prodi, di antaranya adalah Prodi KPI.

“Saya menyaksikan bahwa Prodi KPI dalam dua bulan terakhir ini telah empat kali melakukan kegiatan webinar, dua di antaranya tingkat nasional. Ssebuah prestasi yang patut dicontoh. Dan pada hari ini saya atas nama pimpinan Fakultas Dakwah mengapresiasi dan mensupport,” kata Dr. Samin.

“Portret lulusan KPI diharapkan mampu bersaing dan bermanfaat di tengah-tengah masyarakat, secara garis besar lulusan KPI melahirkan akademisi komunikasi, birokrasi pada instansi Kominfo, Dinas Sosial dan Kemenag. Menjadi manajering dan public relation di perusahaan, kemudian praktisi jurnalis dan penyiran,” tambahnya.

Dr. Samin melanjutkan jika konstribusi moral kyang tentu saja berkaitan dengan pendekatan kepedulian alumni terhadap kesuksesan akreditasi dan kesuksesan para alumni KPI, serta dukungan emosional. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari pengembangan Perguruan Tinggi, dan para alumni tentu diharapkan ada rasa memiliki terhadap almamaternya.

Vivi Susanti pemantik dalam kegiatan webinar ini mengataka, jika dirinya merasa bangga menjadi alumni Fakultas Dakwah Jurusan KPI UIN Sutha Jambi, karena banyak sekali pengetahuan yang ia dapat sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja. Selain itu, dirinya juga sangat mudah mencari pekerjaan karena begitu banyak peluang kerja bagi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam.

“Saya berharap ke depannya alumni UIN Sutha Prodi KPI dapat berkontribusi untuk memajukan dan meningkatkan kualitas Prodi KPI, serta ke depannya Prodi KPI lebih baik lagi terutama berharap dapat mengembangkan jurusan S2 KPI di UIN Jambi, serta saya mengajak mahasiswa KPI untuk terus mengupgrade kemampuan untuk menjadi insan yang berkualitas,” kata Vivi.

Kegiatan Ngobrol Alumni KPI ini menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kegiatan ini diselenggarakan secara gratis dan peserta akan mendapat e-sertifikat dari penyelenggara. (*)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *