Connect with us

Sports

Mengenal Abah Mudin, 26 Tahun Tekuni Mekanik Motor Balap

Published

on

Abah Mudin sedang melakukan settingan untuk motor balap, foto: Hari

Tanjab Timur, kilasjambi.com – Berdiri sejak tahun 2006, AMS Racing Team kian eksis, tim balap motor lokal Jambi sekaligus nama bengkel motor yang berlokasi di Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjab Timur ini dikelola oleh Mudin.

AMS Racing Team cukup memiliki nama besar di dunia otomotif di Jambi, terutama bagi kalangan anak muda di Tanjab Timur. Ketenaran AMS Racing Team berkat tangan dingin pengelolanya yang akrab disapa Abah Mudin, mekanik yang telah 26 tahun memiliki pengalaman mengutak-atik jeroan kuda besi, khususnya untuk balapan.

Motor roda dua hasil polesannya sudah banyak meraih prestasi dengan pebalap seperti Joal Hoky dan Harry Kecot, keduanya sering menjuarai event balap motor yang diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jambi.

Puluhan tahun bergelut di dunia otomotif, Abah Mudin memang handal di bidang meriset motor balap.

“Stel motor balap itu harus detail dan teliti,” kata Abah Mudin, mengawali pembicaraan.

Abah Mudin menceritakan lika-likunya di dunia utak-atik mesin motor, baik itu mesin untuk balap atau engine untuk pemakaian sehari-hari. Baginya, dalam hal penyetelan kedua mesin tersebut sangatlah berbeda.

“Di mesin balap harus benar-benar fokus penyelesaiannya, kan targetnya harus menang di pertandingan, karena itulah pengerjaan motor balap ini harus serius,” katanya menjelaskan.

“Kunci menyetel mesin untuk balapan tidak boleh hanya sekadar ikut-ikutan dengan yang lainnya,” tambahnya.

AMS Racing Team

Untuk setting motor di ajang kebut-kebutan resmi, ia harus benar-benar unggul dengan mesin motor balap dari tim lain yang menjadi peserta di dunia balap. Berbeda dengan service mesin motor untuk pemakaian sehari-hari, yang hanya perlu menyetel di bagian karburator atau pun bagian injeksi jika motor itu Fuel Injection (FI). Di mesin motor balap yang juga harus diperhatikan adalah filter udaranya.

“Setelah angin yang pas membuat mesin motor lebih responsif,” katanya.

Dari pengalamannya, kemampuan Abah Mudin sebagai mekanik motor balap memang tidak diragukan lagi, jadi bagi kalian yang ingin memboreup mesin motor, spek harian dan tune up, bisa saja datang langsung ke bengkel AMS Racing Team yang terletak di jalan jalur dua Desa Catur Rahayu, Dendang, Tanjab Timur, Jambi.

Bukan hanya melulu soal motor balap, bagi kalian yang merasa mesin motornya terlalu boros mengkonsumsi bahan bakar, Abah Mudin juga ahlinya membuat mesin motor lebih irit. Apalagi ia pernah mengikuti lomba motor teririt. (*)

Penulis: Hari Isnanto*

* Mahasiswa PPL Jurusan Jurnalistik Islam, Fakultas Dakwah, UIN STS Jambi

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *