Kilasjambi Kembali Mendapat Dukungan Pendanaan dari Google Melalui Program News Equity Fund

KILAS JAMBI – Untuk ke-2 kalinya redaksi kilasjambi.com mendapat kabar baik melalui surel dari markas besar Google di Mountain View, California, Amerika Serikat. Google News Initiative menyatakan bahwa kilasjambi.com lolos dalam program News Equity Fund.

Sebelumnya, di tahun 2020, kilasjambi.com mendapat dukungan dari Google dalam program Journalism Emergency Relief Fund (JERF).

Google telah meluncurkan ‘News Equity Fund’ atau ‘Dana untuk Pemberitaan yang Setara’, sebuah komitmen global untuk menyediakan dukungan finansial dan kesempatan bagi organisasi-organisasi berita yang fokus utamanya adalah melayani komunitas yang kurang terwakili.

Tujuan Google adalah untuk mendukung inklusi, memberdayakan ekosistem berita yang majemuk, dan secara khusus mendukung penerbit berskala kecil dan menengah dalam menerbitkan konten jurnalisme orisinal untuk audiens yang kurang terwakili di seluruh dunia.

Ada lebih dari 450 redaksi dari 52 negara mendapat dukungan dari Google melalui News Equity Fund, salah satunya kilasjambi.com. Dan dari Indonesia kurang dari 10 redaksi yang mendapat dukungan dana dalam program ini.

Tentang Kilasjambi

Pada era digitalisasi sekarang ini, di tengah banjirnya informasi membuat media online lebih mengandalkan kecepatan. Saat ini pula kebanyakan jurnalisme media online adalah jurnalisme yang asal mengundang klik (klickbait), lepas dari konteks (judul dan isi tak sama), tidak enak dibaca dan dangkal.

Jurnalisme media online sekarang ini lebih sering mengorbankan kualitas atau akurasi yang lebih bergantung kepada tajuk sensasional dan vulgar, tak jarang lebih sering menyajikan informasi gosip dan murah.

Hadirnya kilasjambi.com yang telah bertransformasi pada tampilan baru dan digawangi jurnalis muda pengalaman ini menjawab kegelisahan publik yang dihadapkan pada situasi jurnalisme online yang berkembang saat ini.

Sebagai media online yang dilahirkan tahun 2014 bersama para awak yang berpengalaman di bidang ilmu jurnalistik, kilasjambi.com memilih menyajikan informasi dengan sudut pandang yang khas, mengangkat kisah-kisah lokal yang penuh dengan keberagamannya.

Selain itu kilasjambi.com juga peduli pada isu-isu sosial, lingkungan hidup, sejarah, perempuan dan kaum marjinal yang jarang diangkat oleh media lokal di Jambi.

Kebijakan redaksi kilasjambi.com juga memberikan ruang terhadap karya-karya yang selama ini tidak memiliki saluran di ranah digital, yakni sastra dan budaya.

Kilasjambi.com berdiri di atas dan untuk semua golongan, kilasjambi.com menjunjung tinggi prinsip jurnalisme independen yang tidak partisan serta tidak bekerja untuk kepentingan politik mana pun.

 

@GoogleNewsInit

#GNIChallenge

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts