Connect with us

Wisata

[Kilas TV] Berburu Jamur Tahun, Nikmat dan Gurih Dimasak Sup Bening

Published

on

KILAS JAMBI – Jamur tahun ini biasa tumbuh dan dapat ditemui di tanah bengkak yang terdapat di sekitaran kompleks Percandian Muarojambi, masyarakat setempat menyebutnya tanah bengkak karena tanah tersebut berupa gundukan.

Jamur ini hanya tumbuh sekali dalam satu tahun, biasanya tumbuh di awal tahun dan disertai musim hujan. Sehingga ketika tumbuh, jamur ini memang menjadi buruan masyarakat sekitar. Uniknya, jika jamur ini tumbuh juga menjadi kode alam yang menandakan debit air Sungai Batanghari sedang naik atau musim banjir.

Masakan kuliner jamur tahun ini sudah menjadi khas dan tradisi masyarakat di Desa Muarajambi, sebuah desa yang paling dekat dengan Percandian Muarojambi.

Biasanya jamur ini nikmat dan gurih dimasak sup bening, bumbu masaknya sangat sederhana hanya diperlukan batang sreh, bawang putih dan garam. Untuk memasaknya terlebih dahulu jamur dicuci bersih dan dipotong-potong, jamur ini juga nikmat sebagai campuran masakan mie instant.

Jamur tahun ini biasanya juga dimasak dengan cara diberengkes menggunakan daun pisang dan dipanggang di atas api. Soal rasa, menurut warga jamur tahun ini sedikit terasa seperti daging ayam.

Tak banyak yang mengetahui khasiat jamur tahun ini, namun yang jelas kata warga jamur ini punya khasiat menambah selera makan semakin lahap. (*)

Video: Berburu Jamur Tahun, Nikmat dan Gurih Dimasak Sup Bening

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *