[Kilas TV] Aktivitas Tambang Emas Ilegal Semakin Rusak Kelestarian Lingkungan

KILAS JAMBI – Desa Batu Empang, Kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi, merupakan salah satu desa yang tergabung dalam Margo Batin Pengambang, Desa Batu Empang terbagi menjadi dua dusun, yaitu Dusun Sekeladi dan Dusun Tangkui. Desa ini potensinya sangat luar biasa, seperti kopi, lahan pangan persawahan, serta kearifan lokal yang kaya akan adat dan budayanya.

Desa Batu Empang telah melahirkan para pejuang dan para pemimpin di Provinsi Jambi, di antaranya Demang Makalam yang merupakan Wali Kota Jambi pertama, yang kini namanya pun diabadikan sebagai nama jembatan Makalam di kota Jambi. Begitu pun anak beliau yang bernama Kolonel Abunjani, serta Abdul Manaf juga pernah menjadi Gubernur Jambi. Bisa disimpulkan, Desa Batu Empang Margo Batin Pengambang telah menjadi sejarah di tanah Sepucuk Jambi sembilan Lurah.

Dan kini tanah kehiran para tokoh pejuang tersebut terancam punah dan hanya tinggal sejarah, karena begitu marak dan rakusnya para pelaku aktivitas pertambangan emas ilegal (PETI) ini di Desa Batu Empang, tepatnya di Dusun Tangkui.

Total
3
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts