Connect with us

Wisata

Dari Keramba Ikan Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Published

on

Perahu hias terparkir di pinggir Danau Sipin, Kota Jambi. (kilasjambi.com/Tarmizi Ahmad Yani)

KILAS JAMBI – Destinasi perahu hias menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Danau Sipin, Kota Jambi. Pasalnya, dengan perahu hias pengunjung dapat berkeliling danau menikmati keindahan wisata air.

Penyewaan perahu di destinasi wisata itu, kini mematok tarif Rp10 ribu per pengunjung. Penyewaan perahu menjadi daya tarik bagi kalangan anak muda hingga dewasa.

“Saya tertarik dengan perahu hias karena bisa membuat lebih tenang dan tempatnya juga sejuk,” kata Dila (16), wisatawan lokal, Minggu siang, (27/9/2020).

Dia mengaku baru pertama kali berwisata ke Danau Sipin. Meski baru pertama kali wisata ke danau yang terletak di belakang kantor gubernur itu, sudah membuatnya nyaman.

Pengunjung lainnya, Mira (17) mengaku tertarik berkunjung karena tempatnya bagus. Selain bisa berwisata keliling danau menggunakan perahu hias, di sana juga terdapat arena joging track.

Di kawasan Danau Sipin juga terdapat taman dan arena panjat tebing. Selain itu, di danau yang memiliki luas 40 hektare itu juga telah di bangun dermaga untuk wisatawan.

Danau Sipin yang berada di pusat keramaian itu dulunya adalah tempat keramba ikan yang menjadi mata pencaharian warga.

Namun setelah diubah menjadi destinasi wisata unggulan, kini sebagian nelayan keramba ikan telah beralih profesi menjadi pelaku wisata penyewaan perahu.

Hal itu dilakukan nelayan setelah pemerintah setempat menyulap Danau Sipin menjadi destinasi wisata unggulan.

Salah satu pelaku penyawaan perahu hias Eko (30) mengatakan, wisata perahu telah beroperasi sekitar dua tahun.

“Saya mulai bekerja disini berjalan delapan bulan,” jelas Eko.

Selain itu, Wahyu (18) juga mengatakan hal yang sama. Dia bekerja sebagai pengelola penyewaan perahu hias sekitar satu tahun.

Penulis: Tarmizi Ahmad Yani
Editor: Gresi Plasmanto

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *