Connect with us

Wisata

Beberapa cara yang perlu kamu perhatikan mendaki gunung saat musim hujan

Published

on

Pendakian di gunung (sumber:Travelblog.id)

Mendaki gunung adalah kegiatan wisata minat khusus yang memerlukan tenaga ekstra dan perlengkapan yang aman serta memadai. Saat musim penghujan seperti sekarang ini, kita perlu untuk berhati-hati dan tentunya tidak boleh sembrono.

Beberapa cara atau trik perlu kamu perhatikan saat mendaki gunung ditengah musim penghujan yang tidak bisa ditebak. Kira-kira apa saja yang harus kalian persiapkan jika kemungkinan kalian akan mendaki gunung saat musim penghujan.

Berikut adalah beberapa tips mendaki gunung saat musim penghujan yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Kesehatan tubuh fit dan persediaan obat-obatan

Kedua hal ini sangat penting, yang harus kalian perhatikan. Jangan memaksakan mendaki gunung saat tubuh kalian tidak fit. Dan jangan lupa mengecek kesehatan ke dokter sebelum kalian melakukan perjalanan.

Selain tubuh yang fit, perlengkapan obat-obatan yang standar juga menjadi bagian yang penting buat kalian. Obat kesehatan ini pasti ada gunanya yang suatu saat kalian butuhkan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Memilih gunung yang jalurnya tidak ekstrem

Kalau kalian masih tetap ingin mendaki gunung saat musim hujan, milih gunung yang memiliki jalur yang mudah adalah hal baik. Sangat dianjurkan memilih gunung yang tidak memiliki jalur yang sulit.

Jangan memaksakan dan harus memilih gunung yang memiliki jalur menuju puncak yang relatif singkat. Hal ini sangat penting jika terjadi cuaca buruk di atas, kalian bisa langsung bergegas turun.

3. Jas atau mantel hujan

Kedua perlengkapan ini juga harus ada di ransel kalian. Dan jangan lupa ditaruh bagian atas tas ransel kalian sehingga jika tiba-tiba hujan turun kalian bisa langsung mengenakan, tanpa harus membongkar tas kalian terlebih dahulu.

4. Logistik dan minuman hangat

Yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Jangan sampai pas kalian kehujanan dan berkemah mendirikan tenda tapi logistik kalian habis. Juga minuman penghangat tubuh seperti wedang jahe atau sejenisnya juga menjadi alternatif untuk kalian bawa.

5. Sepatu yang kedap air dan anti-slip

Menggunakan sepatu basah dalam perjalanan tentu tidak nyaman. Apalagi, perjalanannya yang dilalui adalah area pegunungan yang cuacanya dingin.

Jadi, mendaki gunung saat musim hujan sebaikanya menggunakan sepatu yang kedap air dan anti-slip. Sehingga saat hujan turun, kaki pendaki tetap nyaman dan tidak khawatir terpeleset.

6. Tetap patuhi peraturan

Jika kondisi cuaca maupun track tidak memungkinkan untuk dilalui, sebaiknya berbalik arah turun. Jangan mengikuti ego yang justru dapat mengancam keselamatan, dan tetap patuh terhadap peraturan yang dibuat di pos penjagaan.

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *