Connect with us

Inforial

Komitmen BKKBN Menyiapkan Keluarga Sejahtera dan Tangguh

Published

on

Anggota DPR Komisi IX Sutan Adil Hendra (kiri) didampingi Kepala BKKBN Jambi, Munawar Ibrahim saat membagikan bantuan. Sosialisasi Program Bangga Kencana sukses digelar BKKBN di 9 titik lokasi di Jambi. Foto: dok BKKBN

KILAS JAMBI-Anggota Komisi IX DPR RI H.A.R. Sutan Adil Hendra menghadiri program sosialisasi Keluarga Berencana (KB) yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi.

Dalam kegiatan yang bertema Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK Bersama Mitra Kerja ini, Sutan tidak hanya membahas mengenai pentingnya program Keluarga Berencana, namun juga tentang bahaya penyebaran virus corona atau Covid-19 yang jumlahnya hingga kini terus meningkat.

“Kita tidak pernah tahu kapan pastinya pandemi corona ini akan berakhir. Adanya vaksin, yang saat ini masih proses uji coba pun, belum menjamin apakah corona akan hilang selama,” ucap Sutan, Minggu 18 Oktober 2020.

Kendati demikian, Sutan meyakini, seluruh pihak, baik pemerintah maupun DPR, terus berjuang memutus mata rantai penyebaran corona.

“Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, pemerintah melalu program jaring pengaman sosial juga telah berupaya dampak ekonomi akibat pandemi Corona ini,” ucap dia.

Dalam pertemuan itu, warga yang hadir mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Warga juga mengisi daftar hadir untuk memudahkan traccing contact jika di kemudian hari ada yang terindikasi Covid-19.

“Protokol kesehatan ini harus secara ketat kita lakukan, karena dengan cara ini kita ikut membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19,” ujar dia.

Sutan mengatakan, sebagai bentuk ikhtiar menyetop penyebaran corona, pemerintah sementara berupaya mengembangkan vaksin Covid-19 yang rencananya bakal diproduksi pada awal tahun depan.

Maka yang bisa dilakukan dalam masa-masa ini adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak ini mutlak kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sutan juga berbicara tentang membangun keluarga yang sejahtera sebagaimana yang diprogramkan oleh BKKBN. Menurutnya, dengan membangun keluarga yang sehat, itu sekaligus menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas dan tangguh.

“Melalui berbagai program pemerintah, termasuk BKKBN yang berkomitmen menciptakan keluarga berkualitas,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jambi Munawar Ibrahim, yang turut hadir dalam sosialisasi itu mengatakan, pihaknya selama ini tidak hanya mengkampanyekan program KB, namun juga gencar mengkampanyekan protokoler kesehatan di masyarakat.

Langkah itu di antaranya dilakukan oleh para Penyuluh KB, petugas lapangan dan kader sukarelawan, dan Mobil Unit Penerangan (MUPEN) se-Indonesia.

Rangkaian foto bersama pegawai BKKBN Provinsi Jambi. Foto: dok BKKBN

Dalam kesempatan itu,  Ibrahim juga menyampaikan pentingnya program KB. Menurutnya, KB tidak hanya alat kontrasepsi saja.

“Manfaat KB selain melakukan pengendalian penduduk adalah mengedepankan kesehetan ibu dan anak dan di masa depan adalah ingin membantu mensejahterakan keluarga terutama remaja,” jelasnya.

Dia pun bersyukur tugasnya dalam memberi pemahaman KB kepada masyarakat mendapatkan dukungan langsung dari Komisi IX DPR, sebagai mitra kerja BKKBN Pusat.

“Sebagai mitra kerja, Komisi IX banyak memberikan masukan-masukan dan menyampaikan solusi. Tentunya, pemahaman KB yang komprehensif harus ditularkan ke generasi saat ini, khususnya para milenial ini,” ucap dia.

Sukses Digelar di 9 Titik: Sosialisasi Juga Dirangkai dengan Penyaluran Bantuan

Kegiatan Sosialisasi di Kecamatan Telanaipura ini sendiri, merupakan rangkaian terakhir dari program sosialisasi BKKBN perwakilan Jambi dengan Komisi IX DPR RI. Total ada sebanyak sembilan lokasi di tiap kecamatan yang didatangi oleh BKKBN bersama Komisi IX DPR RI.

Selain H.A.R. Sutan Adil Hendra, dua anggota Komisi IX DPR lainnya yang turut mendukung kegiatan BKKBN ini yaitu Saniatul Lativa dan Zulfikar Achmad.

Tak hanya menggelar sosialisasi, kegitan ini juga diisi dengan pemberian bantuan langsung kepada masyarakat berupa kebutuhan pokok berisi beras 5 kg dan gula premium 2 kg serta kebutuhan pokok lainnya dalam sebuah paket sebanyak 2.700.

Selain itu BKKBN juga menyalurkan bantuan alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, hazmat dan sarung tangan medis.

Sementara itu, Zulfikri Arif, Managing Director PT Solindo Duta Praga, selaku Event Organizer Program sosialisasi Keluarga BKKBN berharap, sosialisasi BKKBN beserta Komisi IX DPR di Jambi, dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami melihat komitmen BKKBN untuk terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya Keluarga Berencana demi menwujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera cukup besar. Kami berharap program-program, baik itu berupa pelatihan, sosialisasi atau bantuan sembako dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Zulfikri Arif.

Menurutnya, apa yang dilakukan BKKBN saat ini menandakan negara hadir dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera.

“Ini bagian dari upaya pemerintah menjadikan masyarakatnya sejahtera,” ucap dia.

 

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *