Connect with us

Politik

Koalisi Parpol Sepakat Siapkan Pasangan Abdul Rasyid-Haji Anwar di Pilkada Tanjabtim

Published

on

Koalisi gabungan Parpol parlemen dan non parlemen sepakat menyiapkan pasangan Abdul Rasyid-Haji Anwar di Pilkada Tanjabtim 2020, foto: ist

KILAS JAMBI – Gabungan partai politik parlemen dan non parlemen di Kabupaten Tanjab Timur sepakat menyiapkan pasangan calon di Pilkada Tanjab Timur 2020, untuk menantang pasangan jalur perseorangan yang juga merupakan calon petahanan, Romi-Robby.

Hasil kesepakatan koalisi Golkar, PDIP, NasDem, Gerindra, PPP dan PKS dalam rapat yang digelar Senin siang (29/6) di Sekretariat DPD Golkar Tanjab Timur, disepakati koalisi Parpol ini akan menduetkan pasangan Abdul Rasyid sebagai bakal calon Bupati dan Haji Anwar sebagai bakal calon Wakil Bupati Tanjab Timur periode 2021-2024.

Ahmad Juber, Ketua DPD II Golkar Tanjab Timur mengatakan rapat kesepakatan bersama ini dihadiri Gatot Sumarto Ketua DPC PDIP Tanjab Timur, Ketua DPC Gerindra Tanjab Timur Azhar Idris Gerindra, Hafis Sekretaris DPD Nasdem Tanjab Timur, Ahmad Sukri dari PPP, serta Pengurus PKS Tanjab Timur.

“Pada intinya ini Alhamdulillah kami sepakat semua untuk menyiapkan pasangan calon untuk ikut sertakan dalam rangka Pilkada Serentak 9 Desember 2020, dan segala mekanisme dan proses itu tentu nanti berjalan seiring dengan waktu yang Insya Allah sama-sama kita ketahui 4-6 September itu sudah pendaftaran di KPU,” kata Juber.

“Kemudian kami sudah menemukan titik kesepakatan, bahwa kami juga sepakat, walaupun ini berproses ya. Karena tentu ending, finalnya adalah begitu terbitnya surat rekomendasi, tapi ada dua nama yang sama-sama kami giring untuk maju sebagai Paslon pada Pilkada 9 Desember 2020 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Yaitu yang pertama Bapak Abdul Rasyid sebagai calon Bupati dan kemudian Bapak Haji Anwar sebagai calon Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, walaupun nanti finalnya terbitnya surat rekomendasi,” kata Juber lagi.

Ditegaskannya, dua nama ini yang mengerucut untuk sama-sama mereka giring untuk maju di Pilkada Tanjab Timur.

Mengenai proses rekomendasi, katanya, tentu kembali ke partai masing-masing, “Artinya saya di Golkar, Pak Gatot di PDIP, Pak Azhar di Gerindra, kemudian Pak Havis di Nasdem. Ada juga partai dari luar parlemen yang tidak punya kursi di DPRD Tanjung Jabung Timur hari ini hadir, ada PPP dan PKS. Bahkan juga pimpinan partai yang punya kursi di DPRD ada Hanura dan PBB kita yakin Insyaallah mereka akan bergabung dengan kita,

Soal proses rekomendasi di Golkar, Juber Kembali mengatakan jika prosesnya di masing-masing partai, yang diproses dua nama itu (Abdul Rasyid-Haji Anwar). Menurutnya tentu ada tahapan yang harus dilalui, karena rekomendasi itu pada tingkat DPP.

“Kami sebagai perpanjangan tangan partai yang ada di kabupaten tentu akan mengikuti prosedur bagaimana mekanisme partai masing-masing,” katanya.

“Kita sepakat dua nama inilah yang akan kita proses, yang namanya politik itu kan dinamis, kalaupun nanti ada perkembangan atau perubahan di tengah jalan itu nanti lain cerita, yang jelas kesepakatan hari ini yang muncul itu,” tutupnya.

Untuk diketahui, di DPRD Tanjab Timur, Golkar memiliki 4 kursi, PDIP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Gerindra 2 kursi, PBB 1 kursi dan Hanura 1 kursi.

Sedangkan pemilik kursi mayoritas adalah PAN dengan 17 kursi, dengan jumlah kursi mayoritas, PAN bisa mengusung calon sendiri. Namun Ketua DPD PAN Tanjabtim yang juga calon petahana, Romi Hariyanto, memilih untuk maju melalui jalur perseorangan dan kembali berpasangan dengan Robby Nahliasyah yg juga merupakan kader PAN. (kilasjambi.com)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *