Connect with us

Inforial

Hidup Cerdas di Era Digital

Published

on

Foto: Kementerian Kominfo

Jambi, kilasjambi.com – Bertajuk “Hidup Cerdas di Era Digital”, rangkaian Webinar Literasi Digital di Kota Jambi kembali bergulir. Pada Rabu, 15 September 2021, pukul 09.00 WIB.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan  kognitif-nya untuk  mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. “Hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik,” katanya lewat diskusi virtual.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar yang sukses dihadiri 62 peserta daring ini, hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom – Dosen Sekolah Vokasi IPB Sekertaris Program Studi Manajemen Informatika, Dr. Agustina M. Purnomo, SP., M.Si – Dosen Universitas Djuanda, Berlian Akraf, S.Pt – Owner & Founder Jakoz “KaosBerbumbuJambi”, Public Speaker & Penulis – Novelis, dan Gresi Plasmanto – Jurnalis Liputan6.com.

Pegiat media sosial yang juga Public Speaker , Content Creator & Entrepreneur, @aaquina bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya.

Pada sesi pertama, Medhanita Dewi Renanti mengatakan, “Etika di dunia digital dengan interaksi seperti dengan manusia pada umumnya. Gunakan kata-kata yang sopan, hindari menyinggung perasaan, perhatikan emosi, uppercase, stop hoax dan hindari memberikan data privasi”.

Giliran pembicara kedua, Dr. Agustina M. Purnomo mengatakan, “Cara lindungi diri dari magis ‘JAGA’ ala Gojek yaitu jangan bayar di luar aplikasi, amankan data pribadi, gunakan PIN dan adukan hal mencurigakan”.

Tampil sebagai pembicara ketiga Berlian Akraf menjelaskan, “Industri butuh orang-orang kreatif. Industri butuh skills dari portofolio anda yang diunggah ke dunia maya, tugas merekalah yang menemukan anda”.

Pembicara keempat, Gresi Plasmanto menegaskan, Teknologi internet berkembang pesat, tak dapat disangkal teknologi internet telah mengubah peradaban dunia dengan cepat, termasuk mengubah budaya belanja”.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Holidi, salah satu peserta yang menanyakan, “Mengingat kehidupan sekarang sudah beralih ke media digital. Etika dasar seperti apa yang perlu diterapkan kepada anak-anak didik saat ini?” dan dijawab oleh narasumber pertama yaitu Medhanita Dewi Renanti. Pertanyaan kedua oleh peserta bernama Apis Nurdiansyah yang menanyakan, “Adakah sinkronisasi era digital ini dengan peningkatan kognitif terhadap dekadensi sikap peserta didik terhadap guru dalam PBM?” dan dijawab oleh pembicara kedua Dr. Agustina M. Purnomo.

Pertanyaan ketiga oleh Rizki Anggun, “Bagaimana tips dan trik  untuk memulai dalam menghasilkan karya pribadi di dunia digital?” dan dijawab oleh pembicara Berlian Akraf, dan pertanyaan keempat oleh Adit Maulana, “Bagaimana kita hidup cerdas di era digital?” dan dijawab oleh pembicara keempat Gresi Plasmanto.

Webinar ini merupakan kegiatan webinar yang ke-24 dari 37 kali webinar yang akan diselenggarakan di Kota Jambi. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang. (*)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *