Connect with us

Jambi

BNNP Jambi ELOK: Inovasi yang Permudah Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba

Published

on

Pendaftar antrian untuk mendapatkan SKHPN di program BNNP Jambi ELOK yang digelar di Transmart Kota Jambi, foto: kilasjambi.com

KILAS JAMBI – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi terus berinovasi, salah satunya adalah inovasi pembuatan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkoba (SKHPN) keliling, program inovasi ini dinamakan BNNP Jambi ELOK (Edukasi dan Layanan SKHPN Operasional Keliling).

Menariknya, program dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat ini mengambil nama “ELOK” yang berasal dari bahasa Melayu yang artinya indah atau bagus.

Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNP Jambi, drg Mario Leonid Supusepa mengatakan program ini akan mendekatkan pelayanan pembuatan bebas narkoba SKHPN kepada masyarakat, dan emudahkan masyarakat mengakses layanan.

“Juga memberikan edukasi, bersinergi dengan Bidang P2M tentang bahaya Narkoba, pentingnya rehabilitasi, wajib lapor dan program-program BNN lainnya,” kata Mario, Kamis (28/01).

Adapun untuk mendapatkan pelayanan BNNP Jambi ELOK, warga harus melakukan pendaftaran melalui Qr Code atau bisa juga melalui link https://tinyurl.com/bnnpjambielok, lalu pendaftar datang ke lokasi sesuai pendaftaran online.

Langkah selanjutnya adalah verifikasi data dan pembayaran administrasi dengan petugas admin di mobil layanan, kemudian skrining awal oleh petugas skrining.

Dilanjutkan pemeriksaan TTV (Tanda-Tanda Vital) oleh dokter/perawat, pengambilan dan pemeriksaan urin, lalu edukasi oleh penyuluh dan terakhir pengambilan hasil SKHPN.

“Untuk mempermudah masyarakat, program ini akan dilaksanakan di beberapa tempat-tempat umum yang terjangkau oleh masyarakat seperti pusat perbelanjaan, sekolah dan universitas,” kata Mario.

“Persyaratan layanan ini cukup foto copy KTP,” kata Mario menambahkan.

Petugas BNNP Jambi menyerahkan wadah tes urine ke pendaftar, foto: kilasjambi.com

Pada hari ini, Kamis 28 Januari 2021, BNNP Jambi ELOK digelar di halaman Transmart, Kota Jambi, pelayanan dimulai dari pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Sejak dibuka, pelayanan langsung disambut antusias warga yang terliha antrian melakukan pendaftaran dan tes urine yang hasilnya bisa diketahui dalam waktu 2-3 menit, pelayanan juga menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Hasil tes urine pendaftar SKHPN keliling yang bisa diketahui hanya dalam waktu 2-3 menit, foto: kilasjambi.com

Roni salah satu pendaftar yang memanfaatkan layanan BNNP Jambi ELOK mengakui kemudahan yang didapat, ia mengatakan layanan gampang diakses dan prosesnya tidak memakan waktu yang lama

“Biasanya kan harus datang ke BNN di jam-jam tertentu, sekarang lebih dipermudah, petugasnya juga banyak,” kata Roni.

Roni sendiri mengurus SKHPN untuk persyaratan melamar pekerjaan, ia mengetahui program ini dari rekannya yang bekerja di BNN, serta informasi dari Ikatan Konselor Adiksi Indonesia.

“Saya juga tau dari instagram BNNP Jambi,” katanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui jadwal SKHPN keliling ini dapat melihat di IG: infobnn_provinsi_jambi, Fb: BNN Provinsi Jambi atau WA: 0812 1904 0030. (*)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *