Connect with us

Inforial

Bangun Kekompakkan Warga Kabupaten Batang Hari, PB Kabari Resmi Dikukuhkan

Published

on

Foto: Afriansyah/kilasjambi.com

Jambi, kilasjambi.com – Pengurus Besar Keluarga Batang Hari (PB Kabari) secara resmi dikukuhkan oleh Gubernur Jambi yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jambi Sudirman.

Bertempat di Swiss-bell Hotel, Kota Jambi, acara yang digelar pada 12 Maret 2022 tersebut dihadiri 100 peserta dan tamu undangan. Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Batang Hari M Fadhil Arief, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Anggota Komisi I DPR RI Hasbi Ansori, Ketua Baznas Provinsi Hasan Basri Husin, Asisten I Sekda Provinsi Jambi, Karo Pemotoda, Sekwan DPRD Provinsi Jambi, Ketua LAM Batanghari, Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Elpisina Anggota DPRD Provinsi Jambi, Mantan Bupati Tebo Majid Muaz, Husin Syakur, dan Ishak HT.

Dalam sambutannya Sekda Pemprov Jambi menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan memperhatikan dan mendukung organisasi-organisasi gagasan masyarakat agar nantinya bisa meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Jambi mendukung serta memberikan perhatian yang besar terhadap organisasi-organisasi yang didirikan oleh masyarakat melalui visi Jambi Mantap (Maju, Aman, Nyaman dan Tertib) yang salah satu tujuannya untuk memantapkan kualitas sumber daya manusia. Karena dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia tentunya nanti dapat bersaing melalui pendidikan, kesehatan, olahraga, agama sosial dan budaya kesetaraan gender,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Anggota DPR RI Hasbi Ansori menuturkan bahwa organisasi keluarga besar Batang Hari ini harus mampu terus berjalan dan jangan hanya berjalan di awal saja.

“Saya berharap organisasi keluarga besar Batang Hari ini adalah kegiatan yang nantinya bisa menjadi pengikat kita sebagai warga Batang Hari,” kata Hasbi.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa selama ini di kancah perpolitikan yang ada di Jambi, warga Batang Hari kurang dilirik oleh pemerintah dan hal ini menjadi indikator kurang kompaknya warga Batang Hari.

“Setiap calon gubernur berasal dari daerah lain atau dari daerah luar Batang Hari. Jadi kita warga Batang Hari harus bersatu karena sebenarnya warga Batang Hari ini orang hebat, karena tidak ada ada warga kabupaten lain yang menjadi bupati di tempat lain. Hanya dari kabupaten Batang Hari mulai dari jabatan Bupati Tebo sampai Bupati Muaro Jambi. Bahkan menteri pun pernah diduduki oleh orang Batang Hari. Jadi pertemuan kita pada hari ini bagaimana caranya agar bisa mengumpulkan dukungan dan menjadi suatu kekuatan dan tugas kita ke depannya bagaimana kita bisa merangkul orang Batang Hari agar memiliki kekuatan, intinya kita jaga kekompakkan dan maju secara bersama-sama untuk memajukan Batang Hari dan memajukan orang dari kabupaten Batang Hari untuk duduk di tempat-tempat strategis,” kata Hasbi menuturkan.

PB Kabari sebagai Pemersatu Warga Batang Hari

Bupati Batanghari. Fadhil Arief dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya acara pengukuhan keluarga besar Kabupaten Batang Hari.

“Bupati atas nama Pemeritah Kabupaten Batanghari mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang menjadi pengurus PB Kabari tahun 2021 sampai 2025, kami mengharapkan kontribusi yang nyata dari bapak ibu warga Batang Hari yang kebetulan diberikan nikmat ataupun pengalaman di luar Kabupaten Batang Hari, agar bahu-membahu membangun Kabupaten Batang Hari,” kata Fadhil.

Fadhil mengatakan, bahwa organisasi PB Kabari ini sejatinya mampu menjadi penyambung silaturahmi warga masyarakat Batang Hari, terutama warga Batang Hari yang terpecah karena perbedaan pilihan politik.

“Organisasi ini bukan organisasi politik, tetapi ini merupakan organisasi atau peguyuban yang yang menampung semua orang Batang Hari dengan latar belakang yang berbeda dan dengan orientasi hidup yang berbeda. Organisasi Kabari jadi penyambung silaturahmi bagi seluruh warga Batang Hari bahkan ketika memasuki tahun politik atau ketika warga Batang Hari terpecah karena perbedaan pilihan politik, maka organisasi pengurus besar Kabupaten Batang Hari menjadi penyambung silaturahmi,” kata Fadhil.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa dengan adanya organisasi PB Kabari ini maka nantinya akan mampu membuat Kabupaten Batang Hari menjadi kabupaten yang kembali kuat dan diperhitungkan.

“Memajukan Kabupaten Batang Hari merupakan tugas bagi semua warga Batang Hari, jika semua warga masyarakat Batang Hari ikut serta membangun Batang Hari, maka Batang Hari bisa berjaya seperti dahulu. Dan saya yakin salah satu faktor yang membuat majunya Kabupaten Batang Hari adalah dengan adanya organisasi pengurus besar Kabupaten Batang Hari,” katanya.

Meningkatkan Kesejahteraan

Sayuti Una, selaku formatur PB Kabari menyampaiakn ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menyukseskan acara pengukuhan pengurus PB Kabari.

“Saya atas nama keluarga pengurus besar keluarga Batang Hari saya berterima kasih kepada Bapak Gubernur Provinsi Jambi yang telah bersedia mengukuhkan pengurus besar Keluarga Batang Hari periode 2021-2025. Kemudian saya ucapkan juga terima kasih kepada Bapak Bupati Batang Hari yang telah memberikan bantuan moril maupun material dalam pelaksanaan kegiatan ini,” katanya.

Beliau juga menambahkan jika PB Kabari nantinya akan menjadi wadah silaturahmi warga masyarakat Batang Hari dan nantinya diharapkan mammpu meningkatkan program kesajahteraan di Kabupaten Batang Hari.

“Ke depan sebagai sebuah organisasi sosial maka PB Kabari lebih konsen terhadap kegiatan-kegiatan dalam rangka memperkuat hubungan silaturahmi, baik antar sesama warga Batang Hari yang ada di perantauan, maupun antara warga Batang Hari yang ada di perantauan dengan Pemerintah Kabupaten Batang Hari, atau antara warga Batang Hari dengan warga yang lainnya. Sebagai warga masyarakat Batang Hari yang berada di perantauan, maka menjadi suatu kewajiban bagi PB Kabari khususnya yang berada di Provinsi Jambi untuk bersama-sama membantu Pemerintah Kabupaten Batang Hari dalam meningkatkan program-program pemerintah. Dan nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah Kabupaten Batang Hari khususnya,” pungkasnya. (afri)

Continue Reading
Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *