Connect with us

Jambi

Saksi Persidangan Petani Jambi Diduga Diculik

Published

on

Sidang SMB di Pengadilan Negeri Jambi, Senin (21/10/2019). Tribun Jambi/Jaka HB

Jambi, Kilasjambi.com– YLBHI, LBH Padang, LBH Pekanbaru dan tim Pengacara di Jambi Abdurrahman Sayuti dan Rudi Halomoan sedang mendampingi Petani Jambi di Pengadilan Negeri Jambi. Persidangan akan segera memasuki agenda pemeriksaan saksi yang meringankan.

Domiri adalah salah seorang yang akan bersaksi di pengadilan. Sore ini sekitar pukul 15.00 WIB, ia dibawa dengan mobil oleh sejumlah laki-laki berpakaian bebas. Ia diduga diculik.

Saat itu, Domiri sedang duduk di kursi ruang belakang depan ruang sidang. Dia tidak masuk ruang sidang karena nantinya akan menjadi saksi dan secara hukum saksi dilarang mendengarkan keterangan saksi yang lain.

Saat sedang berlangsung sidang anggota Serikat Mandiri Batanghari (SMB) dengan agenda pemeriksaan jaksa dari penuntut umum. Sidang segera akan memasuki agenda saksi dari pihak terdakwa.

Sekitar pukul 15.00 WIB duduk-duduk dikursi panjang depan ruang sidang. Saat itu mulai berdatangan beberapa laki-laki berpakaian bebas. Sebelah kanan duduk laki-laki berbaju hitam, sebelah kiri Domiri duduk laki-laki berkaos putih. Didepannya sekitar 10 orang berdiri.

Menurut siaran pers YLBHI menyebutkan, istri Domiri menghampiri saksi untuk meminjam macis. Domiri pun menjawab tidak ada.

Lantas istri Domiri kemudian berjalan keparkiran untuk makan roti. Belum sempat roti dimakan ia melihat suaminua dibawa oleh laki-laki berbaju hitam kedalam mobil, di dalamnya telah menunggu beberapa orang.

Menerima informasi itu YLBHI langsung meminta akses informasi pada pihak pengamanan dan pengadilan untuk memperoleh akses cctv. Pihak pengadilan mengatakan bahwa cctv mati karena listrik mati lampu dan dihidupkan dengan genset. Pihak oengadilan memastikan bahwa Domiri dibawa ke Polda Jambi.

Tidak pernah ada surat panggilan kepada Domiri. Oleh karena itu secara hukum ini adalah penculikan. YLBHI saat ini bersama keluarga sedang membuat laporan tindak pidana penculikan di Polda Jambi.

Masih menurut siaran pers YLBHI, kuat dugaan ini adalah ancaman terhadap saksi SMB sehingga mereka tidak akan berani memberikan keterangan di pengadilan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *