Connect with us

Jambi

Pernyataan YLBHI Terkait Pemberitaan Fitnah dan Hoaks Terhadap Pembela HAM

Published

on

KILASJAMBI– Pada Tanggal 23 Juli 2019 YLBHI menugaskan Wakil Ketua Advokasi YLBHI, Era Purnama Sari untuk melakukan investigasi ke Jambi. Investigasi tersebut dilakukan atas pengaduaan dari warga atas dugaan pelanggaran HAM terkait peristiwa penangkapan dan penggunaan kekerasan secara berlebihan oleh aparat kepolisian dan TNI terhadap Kelompok Tani SMB di Jambi.

Sebelum investigasi yang dilakukan oleh YLBHI, muncul berbagai berita yang cenderung memojokkan Kelompok Tani SMB dan berupaya untuk menutupi dugaan pelanggaran HAM yang terjadi.

Investigasi yang dilakukan YLBHI tersebut kemudian dipublikasikan dalam “Laporan Investigasi: Dugaan Pelanggaran HAM Dalam Kasus Penangkapan Anggota SMB di Jambi” yang disampaikan kepada publik dan dilaporkan  ke Komnas HAM pada tanggal 5 Agustus 2019.

Pasca publikasi dan pelaporan tersebut muncul beberapa artikel yang memelintir, memanipulasi, mendistorsi, dan mengubah hasil temuan investigasi yang dilakukan YLBHI, bahkan muncul artikel yang secara langsung menyerang pribadi Era Purnama Sari yang tayang melalui platform online babe.news.

YLBHI menilai kemunculan artikel-artikel yang berisikan kebohongan dan fitnah tersebut sebagai bentuk serangan yang secara sistematis dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki tujuan buruk dan tercela atas investigasi yang dilakukan oleh YLBHI. Beberapa artikel juga ditujukan secara langsung untuk merusak nama baik, kehormatan serta harkat dan martabat Era Purnama Sari juga kami pandang sebagai serangan atas Pembela HAM yang sedang menjalankan tugasnya. Serangan yang ditujukan pada Pembela HAM dapat dianggap sebagai serangan terhadap HAM itu sendiri.

Serangan atas diri pribadi yang ditujukan pada Era Purnama Sari hanya salah satu contoh serangan yang dialami oleh banyak Pembela HAM lainnya. Serangan-serangan tersebut dapat berupa gangguan psikologis, teror fisik, kriminalisasi, bahkan berujung pada terbunuhnya Pembela HAM.

Hingga saat ini pemerintah belum memiliki mekanisme perlindungan bagi pembela HAM. Akibatnya terjadi impunitas atas  berbagai kasus serangan yang menimpa Pembela HAM. Impunitas berujung pada berulangnya peristiwa-peristiwa penyerangan kepada Pembela HAM yang sedang melaksanakan tugasnya.

Untuk menyikapi hal tersebut YLBHI menuntut dan menyerukan agar:

1. Situs babe.news sebagai platform online yang menayangkan artikel-artikel tersebut segera menghapus dan melakukan upaya perbaikan atas sistem kerja termasuk memuat mekanisme complain;

2. Situs babe.news bekerja sama untuk membantu pihak-pihak berwenang agar menemukan pelaku/penulis artikel berisi fitnah dan kebohongan tersebut;

3. Somasi yang telah kami layangkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan segera dilaksanakan. Apabila somasi yang kami layangkan tidak dilaksanakan, maka kami akan menempuh jalur hukum;

4. Lembaga-lembaga terkait dengan perlindungan terhadap keamanan Pembela HAM mengambil langkah-langkah serius untuk menyelesaikan dan mengusut kasus ini;

5. Kami meminta dukungan seluruh elemen masyarakat sipil yang peduli terhadap perlindungan Pembela HAM memberikan dukungan terhadap saudari Era Purnama Sari dan bahu-membahu mendorong penyelesaian kasus tersebut. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *