Connect with us

Budaya

Penyandang Disabilitas Persembahkan Pagelaran Seni “Cahaya Tanah Pilih”

Published

on

Pelajar disabilitas sedang menjalankan latihan sebelum pertujukan seni Cahaya Tanah Pilih

KILAS JAMBI – Penyandang disabilitas di Provinsi Jambi dari kalangan pelajar akan menggelar pertunjukan atau pagelaran seni yang bertajuk “Cahaya Tanah Pilih”.

Medi Saputra, Tim Kreatif Pagelaran Cahaya Tanah Pilih mengatakan, pagelaran seni dan sastra ini akan dikoordinir oleh Sanggar Seni Granada.

Sanggar Seni Granada merupakan sanggar yang didirikan sebagai wadah bagi para penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus, untuk menyalurkan kreativitasnya di bidang seni serta sastra.

“Alhamdulillah, Sanggar Seni Granada telah menghasilkan beragan karya dan mampu untuk menjadi juara di sejumlah¬† ajang nasional,” katanya.

Medi menambahkan, Pagelaran Cahaya Tanah Pilih merupakan perwujudan mimpi para pelajar, dan melalui pagelaran ini para pelajar disabilitas membuktikan bahwa mereka mampu berkarya dengan kualitas yang apik.

Pagelaran Cahaya Tanah Pilih akan menampilkan karya-karya seni kreasi yang dimodernisasi tapi tetap mengutamakan kearifan lokal dan budaya Jambi.

Selain menampilkan tari kreasi, drama, dan lagu-lagu daerah Jambi, pagelaran ini juga akan menampilkan pantomim, musikalisasi puisi serta ragam permainan musik tradisional.

“Diberi tajuk Cahaya Tanah Pilih karena cerita yang akan dibawa pada pagelaran ini dimulai dari legenda Jambi dan akan dilanjutkan cerita mengenai kehidupan seorang anak penyandang disabilitas. Berkolaborasi dengan pekerja seni lainnya, pagelaran ini akan menyuguhkan cerita menarik dan dapat menyadarkan masyarakat mengenai kemampuan para penyandang disabilitas yang tidak kalah dengan orang pada umumnya,” kata Medi.

Humas Pagelaran Cahaya Tanah Pilih, Putra Agung mengatakan, pagelaran ini didukung langsung oleh Direktur Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud melalui program Fasilitasi Kegiatan Kesenian (FKK Kelompok) tahun 2019.

“Pagelaran ini mendapatkan support penuh dari Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi dan Duta Bahasa Provinsi Jambi. Bagi masyarakat Jambi yang ingin menonton,” kata Agung.

Pagelaran ini akan diadakan pada Sabtu 20 Juli 2019 di Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi serta akan dimulai pada jam 19.00 WIB. (Rilis)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *