Connect with us

Jambi

Pasar Nasional Kian Lirik Kopi Liberika

Published

on

Biji Kopi Liberika

KILAS JAMBI, Tanjab Barat – Sebagai salah satu sentra kopi di Provinsi Jambi, industri pengolahan kopi di Kabupaten Tanjab Barat makin tumbuh.

Salah satunya Kopi Ajib Liberica Coffe yang merupakan industri rumahan yang berlokasi di Dusun Sungai Haji, Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara.

Pengelola Kopi Ajib, M Firdaus mengatakan saat ini bahan baku Kopi Ajib diperoleh dari petani kopi yang berada di wilayah Kecamatan Betara, sedangkan lahan inti yang dimiliki Kopi Ajib hanya seluas 1,5 hektar.

“Dari lahan yang kita miliki potensi panen hanya mendapatkan 2-3 ton, panen raya itu sekali setahun,” kata Firdaus.

Dia mengatakan, produk Kopi Ajib yang diproduksi seperti biji kopi (green bean), biji yang sudah sangrai (roasted bean), dan kopi siap seduh (ground).

Produk kemasan Kopi Ajib

“Untuk saat ini kita menerima pesanan perorangan dan warung kopi, sedangkan green bean itu dikirim ke Pulau Jawa sebanyak 300 Kg perbulan, kalau kemasan baru sebatas lokal,” katanya.

Firdaus, berharap kepada Pemkab mendukung dalam hal promosi dengan rutin menggelar event atau festival kopi, agar industri rumahan seperti Kopi Ajib yang merupakan kopi lokal Tanjab Barat ini semakin dikenal.

“Saat ini omset bersih Rp4 juta hingga Rp6 juta perbulan, kendala kita itu permintaan tinggi, namun peralatan kita masih tradisional,” katanya. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *