Connect with us

Jambi

Kesejahteraan Lansia Perlu Ditingkatkan Hadapi Masa Tua

Published

on

Rakor Penguatan Kelembagaan Komda Lansia Provinsi Jambi/ foto: hms tjb

KILAS JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Komda Lanjut Usia (Lansia), Kamis malam (18/7) di Kota Jambi.

Rakor yang mengangkat tema “Lansia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat” ini sejalan dengan UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia, yang mengisyaratkan bahwa lanjut usia perlu mendapatkan kesejahteraan sosialnya.

Pelayanan kesejahteraan sosial lanjut usia antara lain berupa bantuan sosial serta perlindungan sosial, Pemerintah Provinsi Jambi bersama seluruh komponen masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap kehidupan lanjut usia, mempunyai tanggung jawab untuk menyelengarakan pembangunan kesejahteraan lanjut usia, dengan tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan penyusunan norma, standar, prosedur kriteria dan pemberian pelayanan sosial lanjut usia.

Sekretaris Komda Lansia, Rafli Nur mengatakan, untuk mewujudkan Lansia yang bermartabat harus ada kepastian dan jaminan masa depan Lansia.

Sementara, Wakil Bupati Tanjab Barat, Amir Sakib, yang turut menghadiri Rakor ini mengapresiasi langkah Komda Lansia dalam upaya peningkatan kesejahteraan kalangan lanjut usia.

Amir Sakib mengatakan, Pemkab Tanjab Barat akan terus berkoordinasi untuk kehidupan Lansia kedepannya dan berharap adanya penegasaan kepada Bupati/Walikota untuk penganggaran Lansia.

“Kesejahteraan para Lansia perlu didorong dan ditingkatkan,” kata Amir Sakib.

“Lansia punya kegiatan atau usaha, agar tidak kaku ketika memasuki masa-masa pensiun atau masa tua,” tambahnya.

Selain dihadiri Amir Sakib, Rakor Lansia ini turut dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Kerinci Ami Taher, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri, Sekretaris Lansia Kabupaten/Kota, serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *