Connect with us

Jambi

Jambi Independen dan Jambi One Dukung Penuh Fesmed 2019

Published

on

Roadshow Fesmed 2019 AJI Jambi ke Jambione dan Jambi Independen

KILAS JAMBI – Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi dan Panitia Festival Media (Fesmed) 2019 telah melaksanakan roadshow Fesmed ke berbagai media lokal di Jambi. Teranyar, roadshow menyambangi Harian Jambi Independen dan Harian Jambione, Senin (7/10) sore.

Di hari itu, kunjungan pertama dilakukan Pengurus AJI Jambi ke Harian Jambi One. GM Jambione Jumeidi Khairul dan Pimpinan Perusahaan Khotib Sarbaini menyambut langsung.

Sama seperti roadshow ke media-media sebelumnya, Ketua AJI Kota Jambi, M Ramond EPU memaparkan ke Pimpinan Jambione jika pelaksanaan Fesmed tahun ini di Jambi mengambil tema besar ‘Literasi di Era Disrupsi’, pelaksanaan Fesmed akan digelar 16-17 November 2019, berpusat di Balai Diklat Provinsi Jambi di kawasan Kotabaru, Kota Jambi.

“Agenda Fesmed digelar setiap tahun, di Jambi merupakan Fesmed yang ke-8, sebelumnya Fesmed digelar di Pontianak,” kata Ramond.

Ramon menyampaikan, Fesmed bukan hanya dihadiri jurnalis AJI dari seluruh Indonesia, namun yang terpenting bagaimana menghadirkan kepentingan masyarakat di era disrupsi.

Dalam kegiatan Fesmed 2019, kata Ramond, bakal ada sekitar 12 kelas workshop dan 2 talkshow serta pameran dan lomba.

“Kelas-kelas yang kita buka berisi materi penguatan dan peningkatan kapasitas jurnalis, tapi ini bukan dikhususkan hanya untuk jurnalis. Tapi juga terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum,” katanya.

Workshop yang tersedia yaitu Menjadi Presenter, Meliput Isu Lingkungan, Bincang Vlog, Jurnalisme Data + Klinik Infografis, Publikasi Heritage, Video Journalism, UMKM Digital Marketing, Klinik Foto Heritage serta Dokumenter Lingkungan. Sedangkan talkshow, berupa Pemeliharaan Cagar Budaya di Erag Biga Data serta Bahaya Hoax dan Penangkalnya.

Ramond berharap, di Fesmed 2019 ini media-media lokal di Jambi bisa mengambil peran dan bukan hanya menjadi penonton.

“Pengalaman di Fesmed-fesmed sebelumnya, media lokal di daerah tuan rumah kurang bermunculan, justru media nasional dan internasional yang mendapat tempat. Nah, kami AJI Jambi ingin Fesmed 2019 ini media lokal Jambi bisa menampilkan konten-konten mereka,” kata Ramond.

“Untuk mensukseskan Fesmed 2019, kami membutuhkan bantuan media lokal untuk mempromosikan,” tambah Ramond.

Mendapat pemaparan dari Ramond, GM Jambione Jumeidi mengatakan akan mendukung penuh pelaksanaan Fesmed 2019 terutama dari sisi pemberitaan dan promosi. Ia juga mengajak jurnalis, mahasiswa dan masyarakat Jambi untuk tidak melewatkan kesempatan mendapatkan pengetahuan dari kelas-kelas workshop dan talkshow yang ada di Fesmed 2019.

“Kami siap mendukung penuh Fesmed 2019, ini kesempatan bagus bagi Jurnalis untuk peningkatan kapasitas,” kata Jumeidi.

Usai dari Jambione, rombongan Pengurus AJI Kota Jambi dan Panita Fesmed 2019 langsung bergerak menuju Graha Jambi Independen (JI). Di sini, Pengurus AJI disambut langsung Pemimpin Redaksi Jambi Independen Risza S Bassar.

Di JI, Ramond juga menyampaikan agenda dan rangkaian kegiatan Fesmed 2019 ke Risza dan awak redaksi JI yang hadir dalam audiensi dengan Pengurus AJI Kota Jambi.

Senanda dengan Jumeidi, Risza juga menegaskan siap menyupport penuh pelaksanaan Fesmed 2019, “Kami akan support penuh apapun itu,” kata Risza.

Bahkan Risza meminta langsung kepada jajaran redaksinya untuk ikut langsung belajar di kelas-kelas workshop yang ada di Fesmed 2019, terutama yang berkaitan dengan penguatan kapasitas jurnalis. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *