Gubernur Jambi Siap Bantu Proses Evakuasi Napi Lapas Klas IIA Jambi

Lapas Jambi jebol akibat banjir. Lapas Jambi jebol akibat banjir. kilasjambi.com

KILAS JAMBI - Gubernur Jambi, Zumi Zola langsung meninjau kondisi Lapas Klas IIA Jambi yang jebol akibat banjir, Rabu dini hari 14 Juni 2017. Seharusnya, pagi ini Zola akan menghadiri sahur bersama istri Mantan Presiden RI, Gus Dur, namun langsung dibatalkan untuk meninjau Lapas Jambi.

Dikatakan Zola, sejauh ini sejumlah napi sudah dievakuasi. Sisanya akan dievakuasi lanjutan, baik ke Lapas Muarasabak atau Muarabulian. "Kita akan bantu prosesnya," kata Zola.

Saat ini, menurut Zola, yang terpenting adalah pengamanan Lapas. Dirinya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk pengamanan lokasi. Nantinya akan dibangun dinding sementara oleh kepolisian dan TNI. Selanjutnya dibangun permanen secara bertahap. "Katanya tadi butuh Rp200 juta. Kita akan bantu, nanti kita talangi dananya," janji Zola.

Tidak hanya Gubernur Jambi, Walikota Jambi, Sy Fasha yang hadir di Lapas juga menjanjikan bantuan evakuasi narapidana. Fasha siap membantu proses evakuasi dengan memberikan bantuan berupa dua unit truk. “Ini untuk membantu proses pemindahan,” katanya.

Untuk teknis pemindahan ke Lapas Muarabulian dan Muarasabak, Fasha menyerahkan pada Lapas Klas IIA Jambi.

Kepada masyarakat Kota Jambi, Sy Fasha menghimbau agar tidak panik. "Warga tidak perlu panik. Saat ini aparat kepolisian sedang memburu narapidana yang melarikan diri. Mudah-mudahan bisa segera diamankan," jelasnya. (Ramond)

Nilai butir ini
(0 pilihan)