Connect with us

Jambi

Angin Segar Petani Kopi Liberika dari Kemendes

Published

on

Penggiat Kopi Liberika di Kuala Tungkal, Tanjab Barat/ foto: ist

KILAS JAMBI, Tanjab Barat – Para Petani dan Penggiat Kopi Liberika Tungkal Komposit mendapatkan angin segar saat dikunjungi oleh Direktur Sarana dan Prasarana Kementerian Desa (Kemendes) RI, H Muklis.

Mantan Sekda Tanjab Barat itu sengaja menyempatkan diri menyambangi Desa Sungai Terap, Kecamatan Betara, untuk melihat secara langsung pengolahan Kopi Liberika di salah satu industri rumah tangga yakni ‘Kopi Ajib Liberika’.

Muklis melihat besarnya potensi Kopi Liberika yang dikelola kelompok Kopi Ajib. Hanya saja, pengelolaan kopi yang sudah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI pada rangkaian acara Hari Dharma Karyadhika tahun 2015 itu masih menggunakan peralatan tradisional.

“Kita ingin UMKM berupa pengolahan Kopi Liberika ini disupport, agar tetap berlangsung tumbuh menjadi sektor andalan bagi petani khususnya petani kopi,” kata Muklis.

Melihat langsung kendala yang dihadapi, Muklis langsung ‘take action’ dengan mengontak salah satu rekan kerjanya sesama direktur di Kemendes untuk mengupayakan bantuan, karena menurutnya ada program di Kementerian Desa berupa bantuan usaha ekonomi masyarakat.

“Saya sudah bilang ke kelompok tani kopi di Sungai Terap, segera ajukan proposal sesuai dengan prosedur untuk diverifikasi kelayakan untuk menerima bantuan, nanti akan segera dikucurkan bantuan usaha ekonomi masyarakat Kemendes,” katanya.

Ditambahkan Muklis, bantuan bisa dipergunakan untuk pembibitan, pembelian dan produksi, tujuannya untuk meningkatkan pendapatan petani kopi dengan bantuan tersebut.

“Bisa dipergunakan untuk beli peralatan pengolahan untuk meningkatkan produksi dengan alat yang lebih bagus, karena saat ini masih menggunakan peralatan tradisional,” katanya. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *