Connect with us

Jambi

155 Potensi SAR SENKOM Siap Diterjunkan ke Lokasi Bencana

Published

on

Anggota Senkom saat mendapat pelatihan water rescue dari Basarnas di Danau Gunung Tujuh

KILAS JAMBI, Kerinci – Senkom Mitra Polri Provinsi Jambi menggelar latihan bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) di Danau Gunung Tujuh Kerinci, pada tanggal 27 sampai dengan 29 September 2019.

Latihan bersama ini diikuti oleh 155 peserta yang berasal dari kiriman 10 personel per-kabupaten ditambah dengan peserta dari Provinsi Jambi.

Pelatihan dengan materi MFR (Medical First Responder) meliputi pengenalan dasar, penilaian korban, bantuan hidup dasar serta Resusitasi Jantung Paru. Dan water rescue yang meliputi pedoman keselamatan di air, metode pertolongan di air, personal floating device, defend and release, towing and carry, akses dan pertolongan, teknik pencarian, renang laut serta bina fisik.

Selain pemberian teori teknik pertolongan di air, para peserta juga akan mempraktekkannya langsung di Danau Gunung Tujuh.

Setelah dilatih, para peserta akan dimasukkan ke database untuk diterjunkan ke lokasi bencana atau kejadian yang memerlukan pertolongan khususnya kecelakaan di air.

Senkom Mitra Polri selain mahir dalam SAR juga mempunyai kemampuan dalam komunikasi menggunakan aplikasi andalan Senkom yaitu Senkom Digital Comunication (SDC).

Kemampuan komunikasi dan SAR yang handal merupakan modal Organisasi Senkom dalam berkiprah dalam membantu BPBD, BASARNAS dan Pemerintah Daerah.

Ketua Senkom Provinsi Jambi, Andi Susanta mengatakan, tersebarnya anggota Senkom di semua kabupaten/kota di Provinsi Jambi menjadi keunggulan tersendiri bagi organisasi yang dipimpinnya itu.

“Ke depannya Senkom akan selalu menambah jumlah peserta, dan kemampuan anggota untuk mengabdikan diri kepada tanah air bangsa dan negara. Senkom Mitra Polri menembus jarak tanpa batas, ada saat aman dan siaga saat dibutuhkan,” kata Andi menegaskan. (*)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *